Gadget, Konten dan SEO Dasar

Gadget, Konten dan SEO Dasar

Selamat datang para pengunjung setia Tutorial dan Panduan Pembuatan Blog Lengkap. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, saya berharap kalian sudah membaca artikel-artikel sebelumnya. Karena ini merupakan artikel lanjutan dari artikel-artikel tersebut.
Dan pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Gadget, Konten dan SEO Dasar.
Pada tutorian Panduan Membuat Blog Gratis dari nol sampai Selesai Sudah saya berikan tutorial tentang Verifikasi Ownership. Dan itu merupakan awal sebelum kita melangkah pada penerapan SEO Dasar, jika kalian lupa atau belum membaca silahkan baca terlebih dahulu agar kalia dapat mengelola blog secara berurutan langkah demi langkah.
Baca Panduan Membuat Blog Gratis dari Nol sampai Selesai.

Gadget

Pasanglah gadget pada blog kalian seperlunya saja, jangan berlebihan sehingga blog kalian tampak rapih dan tidak berantakan. Untuk awal kalian hanya perlu menambahkan gadget Recent Posts, Popular Posts, dan Categories. Cukupp hanya tiga widget ini saja untuk awal.
Alasanya apa tidak boleh menambahkan widget yang lain, dan kapan boleh menambahkanya...?
Alasanya adalah supaya pihak google khususnya Google Adsense, melihat blog kalian rapih dan mengutamakan konten. Dengan begitu pada saat mengajukan pendaftaran sebagai publisher adsense akan lebih mudah di setujui. Ingat, sejak awal saya katakan bahwa saya akan memandu kalian membuat dan memiliki sebuah blog yang dapat menghasilkan uang sebagai penghasilan tambahan.
Baca Tentang :

Konten

Setelah kalian menambahkan gadget(seperlunya), dan pastinya gadget itu masih tampak kosong jika kalian belum membuat artikel atau post. Sekarang saatnya kalian membuat post atau artikel, buat....buat,....dan buat post. Kalian harus melakukan secara rutin, setiap hari, satu minggu sekali, atau dua minggu sekali, ingat....HARUS RUTIN!
Lalu kapan dong mulai mendaftar Adsense...?
Pendaftaran atau pengajuan adsense bisa dilakukan setelah blog memiliki usia setidaknya tiga(3) bulan. Dan selama tiga bulan kalian harus membuat post secara rutin, supaya saat mengajukan pendaftaran konten yang kallian buat pada blog tersebut telah memadai.
Kalian juga harus ingat bahwa konten post yang ditampilkan dibagian beranda blog harus tampak sebagaimana layaknya konten post dan berupa paragraf. Jangan menampilkan konten post hanya dengan judulnya dan beberapa kata saja.
Supaya kalian tau maksud saya tentang hal diatas baca tentang Memilih Template atau Desain tempilan Blog.

SEO

Apa sih SEO...? Ok, supaya kalian sedikit paham apa itu SEO silahkan baca artikel tentang Ringkasan dan Point Penting SEO.

Setelah kalia membaca artikel tersebut sekarang lanjutkan tutorial berikut, karena kali ini saya akan memberikan tutorial tentang ketentuan pembuatan post. Dimana ketentuan dalam pembuatan post ini juga merupakan dasar SEO yang sangat penting.

Dalam pembuatan post, tidaklah semudah dan seperti yang kalian bayangkan,"Ketik dan publish". Tidak... tidak sesimple itu, berikut adalah ketentuan pembuatan post supaya artikel yang kallian buat terindek oleh mesin pencari(google, bing, yandex, dan lainya.):
  1. Sebelum membuat artikel kalian harus menentukan kata kunci, lakukan reset keyword. Gunakan https://ubersuggest.io untuk reset keword atau gunakan google keyword planner.
  2. Sebelum melakukan reset keyword kalian juga harus paham jenis-jenis keyword, diantaranya:
    • Short tail keyword
      Adalah kata kunci pendek yang menargetkan pencarian dengan hanya satu sampai dua kata saja. Jenis ini bisa dibilang memiliki tingkat persaingan high competition sehingga butuh keahlian khusus (expert) agar bisa menempati urutan pertama, kedua atau ketiga di pencarian search engine.
    • Long tail keyword
      Artinya kata kunci panjang dan bisa terdiri dari 3 kata bahkan lebih. Disebut juga kata kunci turunan dari short tail keyword. Jika kita ingin menargetkan sebuah keyword yang power full, maka akan sangat direkomendasikan untuk memilih long tail ini karena tingkat persaingannya rendah dan cenderung lebih mudah dalam menguasai rangking pertama di SERP. Walau demikian, memang agak sulit menemukan keyword long tail potensial disisi lain hasil akhir trafik biasanya tidak sebanyak bidikan melalui short tail keyword .
    • Keyword musiman
      Mungkin keyword ketiga ini tak terdengar asing dan umumnya digunakan oleh situs situs tertentu. Tak jarang pula situs besar juga menerapkan keyword musiman.
    • Keyword abadi
      Keyword abadi tentunya kebalikan dari keyword musiman. Dalam artian, para pengguna internet pasti dan selalu mencari keyword tersebut  karena sudah menjadi kebutuhan.

Apa manfaat melakukan riset keyword ?
  1. Untuk riset pasar: Kegiatan riset keyword dapat mempermudah kita untuk melihat pasar secara luas. Dengan begitu hasilnya bisa dipilah-pilah mana yang sekiranya memiliki persaingan competition rendah dan cocok dijadikan target keyword.
  2. Supaya situs atau blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari: Ketika suatu keyword atau kata kunci bidikan banyak dicari pengunjung internet, maka ini merupakan peluang besar untuk membidik keyword tersebut sehingga mesin pencari seperti google, yandex atau bing akan dengan mudah menemukan situs unggulan yang memiliki dukungan penuh dari segi SEO onpage maupun SEO offpage.
  3. Mengetahui kondisi persaingan keyword: Persaingan keyword di posisi teratas search engine bisa dengan mudah diketahui lewat riset keyword. Jadi kita dapat memutuskan apakah perlu menembak keyword yang dimaksud atau mencari keyword turunan lainnya agar nantinya tidak salah langkah memilih keyword high competition dimana teknik optimasinya pasti sangat sulit sekali.
  4. Untuk memenangkan kompetisi di posisi SERP: Website yang melalukan riset keyword lebih berpotensi memenangi persaingan SERP. Alasanya tentu berdasar atas penemuan kata kunci low competition namun masih dalam lingkup pencarian terbanyak sehingga bisa langsung menargetkan keyword tersebut beserta turunanya (long tail keyword). Diiringi optimasi sederhana seperti pembuatan konten berkualitas serta penyebaran link tautan yang relevan cukup untuk membawanya bersaing di rangking tertinggi search engine.
  5. Mempermudah dalam pembuatan konten atau artikel: Melakukan riset keyword akan mempermudah kita dalam pembuatan materi atau isi postingan. Disamping itu, hasilnya juga jauh lebih baik ketimbang tanpa riset keyword sama sekali. Ingat! bahwa riset keywod seringkali menjadi tujuan utama ketika ingin menentukan topik atau niche suatu situs.
Berikut adalah beberapa referensi tool untuk reset keyword:
  1. Google keyword planner: Aplikasi google keyword planner adalah aplikasi milik google yang mampu menyediakan statistis kata kunci mulai dari besarnya pencarian, perkiraaan CPC (cost per klik) maupun keyword turunan. Menurut informasi dari pihak google, Google Keyword Planner dapat mengarahkan kata kunci dasar namun tidak selalu memberi hasil yang tepat karena pemilihan keywordnya sangat luas sekali.
  2. Ubersuggest: Termasuk aplikasi pilihan oleh para blogger. Selain mudah dalam menggunakanya, hasil pencarian kata kunci lewat ubersuggest  menawarkan puluhan sampai ratusan hasil kata kunci short tail maupun long tail sehingga akan terasa gampang menemukan jenis keyword yang cocok dan pas.
  3. Keyword tool: Bentuknya hampir mirip dengan ubersuggest mengingat konsepnya diambil dari google autocomplete. Tool ini nampaknya lebih sedikit unggul karena bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan kata kunci beserta frasa-frasanya. Jadi pas sekali bila kita ingin mencari kata kunci panjang (long tail keyword).
  4. Wordstream free keyword tool: Tools ini menyediakan 2 versi yaitu free dan berbayar. Untuk fitur free, meski agak terbatas tapi masih mampu memberikan kata kunci short maupung long tail keyword sekaligus keyword relevan satu sama lain. Tapi masih disayangkan beberapa metric seperti search competition dan search volume kurang akurat kecuali jika mendaftar melalui sistem berbayar.
  5. Keyword eye (basic): Termasuk aplikasi kata kunci visual yang artinya menampakkan ukuran dan warna pada masing- masing hasil keyword yang dimaksudkan mewakili besarnya pencarian maupun kompetesi secara luas. Dalam versi free, pengguna bisa mendapatkan sekitar 20-100 kata kunci perhari bersamaan 25 database keyword dari google.
Setelah kalian mengerti tentang keyword dan melakukan reset keyword untuk menentukan kata kunci untuk artikel kalian, rangkailah keyword(kata kunci) tersebut menjadi sebuah judul.
Sekarang lanjutkan pada pembuatan artikel sesuai judul yang ditentukan berdasarkan keyword tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Buatlah artikel dengan menggunakan teknik Seo Onpage, dan untuk itu silahkan baca artikel tentang SEO Onpage.
  • Lakukan share artikel kesosial media(facebook, google, twitter).
  • Lakukan submit url ke google search console.
    Mudah-mudahan artikel yang saya buat bermanfaat untuk kalian. Silahkan share kepada teman kalian yang membutuhkan. Jika memiliki pertanyaan silahkan kirimkan melalui formulir kontak, atau melalui komentar. Terimakasih.....

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Daftar Situs Yang Menyediakan Guest Blogg

    Ekspansi Area Guna Meningkatkan Kualitas Sosial Suatu Wilayah

    Juara Putri Muslimah Indonesia 2015