Desain Blog Yang Baik

Desain Blog Yang Baik

Desain blog yang baik dan disukai google

Apa kabar teman-teman para blogger? Saya harap kalian tetap semangat dalam mengembangkan blog sebagai tempat berbagi ilmu dan wawasan.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang wawasan saya mengenai banyak pertanyaan yang muncul,"Bagaimana sih Desain blog  yang Baik?".
Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus yang membatasi atau mamberi ketentuan tentang Bagaimana Desain Blog yang Baik, semua tergantung keinginan, selera, dan kebutuhan.
Akan tetapi saya secara pribadi menyimpulkan kriteria tentang Desain Blog yang Baik dengan beberapa hal sebagai berikut:
Silahkan baca tentang Syarat dan Ketentuan Pembuatan Website atau Blog bagi Pemula
  • Desain sederhana dan tidak terlalu berlebihan. Artinya bagaimana...? Baik, mari kita bahas. Yang dimaksut dengan Desain sederhana dan tidak terlalu berlebihan adalah, menggunakan desain tema tanpa banyak animasi dan plugin. Karena animasi dan plugin dapat membuat blog teman-teman menjadi berat dan sulit untuk diakses. Mungkin teman-teman pernah mengalami, saat berkunjung pada suatu blog loadingnya tidak segera berhenti, tersendat-sendat dan sulit untuk bergulir. Pasti blog yang seperti ini banyak menggunakan animasi dan plugin dimana disitu menggunakan javascript terlalu berlebihan. Untuk lebih detail tentang javascript silahkan baca tentang: 
Belajar Javascript.
  • Memberikan konten dan artikel bermanfaat. Dewasa ini banyak sekali blog yang memuat konten kurang bermanfaat bahkan tidak membangun dan memberi dampak buruk bagi pengunjung. Blog yang demikian biasanya memasang banyak jebakan berupa gambar-gambar yang mengiurkan dan menggoda untuk mengalihkan orang menuju blognya.
  • Memasang widget default dari blogger secara bijaksana. Yang dimaksudkan bijaksana adalah, hanya menggunakan widget yang memang sekiranya penting dan dibutuhkan pengunjung. Misalnya RSS/feed, kotak atau formulir pencarian(penelusuran blog), label, entri post, profile, arsip blog, laman, daftar link. Yang saya sebutkan baru saja adalah yang memang dibutuhkan pengunjung untuk mempermudah menjelajahi blog kita. Selebihnya saya rasa tidak perlu.
  • Konten atau artikel mudah dibaca dan di mengerti. Banyak blog diluar sana dimana saat kita baru saja datang langsung disambut dengan jendella munculan(popup), biasanya iklan, plugin facebook, dan notifikasi/alert(Selamat datang....bla...bla...bla....). Coba teman-teman pikirkan, apakah hal-hal serupa yang dicari pengunjung blog? Bukan...!!! Pengguna internet rata-rata adalah pencari informasi, jadi yang mereka harapkan adalah sebuah informasi, berita artikel yang menjelaskan tentang sesuatu. Jadi alangkah baiknya jika desain blog teman-teman sederhana, apa adanya, tidak banyak animasi dan plugin. Sehingga saat pengguna mengunjungi blog teman-teman langsung terbuka halamanya dan loading berhenti. Dengan demikian mereka akan dapat dengan mudah membaca dan menyerap informasi dari blog teman-teman.
  • Responsive: Tampilan blog yang responsive pasti rapih, dan dapat dengan mudah diakses dengan segala ukuran layar. Desain blog ini selalu menyesuaikan perangkat yang digunakan pengguna. Sehingga jika diakses menggunakan phonsel tidak perlu bergeser kekanan dan kekiri.
  • Navigasi atau menu jelas dan mudah diakses. Ini jelas sekali, karena pengunjung menjelajahi blog kita salah satunya dengan menggunakan menu.
Agar blog teman-teman masuk dalam kriteria diatas ada baiknya teman-teman belajar dan memahami tentang hal-hal dibawah ini:
Mengenal tag dan element serta atribut dalam HTML
Tutorial CSS dasar untuk Pemula
Supaya teman-teman dapat mengelola atau membuat desain blog dengan benar dan bijaksana. Karena kebanyakan blog menjadi sulit diakses disebabkan kurang bijaksana dalam mendesain, contoh hal yang kurang bijaksana dalam mendesain blog adalah: Memberi latar belakang tema/blog dengan gambar, animasi, musik, dan masih banyak lagi.

Contoh blog sederhana dengan menggunakan tema tanpa banyak plugin: Silahkan kunjungi http://developmentmultibisnisindo.blogspot.co.id/
Disana juga banyak tutorial-tutorial yang dapat menambah inspirasi dan wawasan buat teman-teman.
Untuk saat ini saya rasa cukup sampai disini, karena sudah pagi....hehehe, semalaman saya tidak tidur.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca tutorial ini,mudah-mudahan apa yang saya berikan melalui tutorial ini berguna bagi anda. Silahkan share artikel ini karena mungkin berguna bagi teman anda,dan memberikan kabar baik serta ilmu berguna bagi orang lain merupakan pahala buat anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Situs Yang Menyediakan Guest Blogg

Ekspansi Area Guna Meningkatkan Kualitas Sosial Suatu Wilayah

Juara Putri Muslimah Indonesia 2015