Email dan Subscribe

Email dan Subscribe

Beberapa pengguna/developer popojicms mengeluh tidak adanya action saat tombol subscribe di klik,ada juda yang mengeluh tentang tidak adanya email konfirmasi saat terjadi transaksi(terutama pendaftaran) pada website yang telah dibangun. Hal ini karena belum adanya pengaturan email dan subscribe pada website tersebut.
Banyak sekali blog yang sudah membahas tentang pengaturan email dan subscribe,namun pada artikel ini saya memberikan penjelasan khusus pengaturan email dan subscribe untuk popojicms.
Cara mengatasinya adalah dengan menyelesaikan pengaturan email dan subscribe pada website tersebut,dan berikut cara yang dapat dilakukan untuk hal itu:

⇒  Pada dashboard-admin/pengaturan/tab-umum:
kolom Email: email@gmail.com(atau gunakan akun webmail jika anda telah membuatnya).



⇒  Pada dashboard-admin/pengaturan/tab-Email isikan sebagai berikut:
  • Protocol: SMTP
  • Hostname: host.mail.com(bisa gmail.com jika anda menggunakan gmail atau host webmail anda. Contoh hostname yang saya gunakan adalah: alana.rapidplex.com)
  • Username: email@gmail.com atau admin@domain.com atau cs@domain.com
  • Password: Password email anda
  • Port: 465
Yang harus anda ketahui pada pengaturan ini adalah,bahwa username(email) pada tab- email ini harus sama dengan email pada tab umum.
Jika sudah selesai anda dapat melakukan uji coba dengan melakukan subscribe atau pendaftaran.

Setelah pengaturan email ini selesai tanpa ada masalah,anda juga dapat menggunakan pihak ketiga untuk mempermudah dalam penerimaan dan pengiriman email kepada para pengguna. Ada dua pilihan yang sudah familiar dan dapat anda gunakan,Microsoft Outlock dan Thunderbird. Dalam hal ini saya menggunakan thunderbird, karena lebih mudah di pahami pengaturanya dan gratis.
Untuk Customisasi email pada thunderbird anda dapat membaca tutorialnya tenteng download dan instal thunderbird lalu configurasi webmail.


Saran: Untuk menghindari agar email yang anda kirimkan dari akun webmail tidak masuk folder spam, silahkan mendaftar di mandrill.com. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang di berikan untuk melakukan verifikasi domain.

Read more at Email dan Subscribe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Situs Yang Menyediakan Guest Blogg

Ekspansi Area Guna Meningkatkan Kualitas Sosial Suatu Wilayah

Juara Putri Muslimah Indonesia 2015