Template Subscribe Fast Track yang Responsive, Fast, SEO, dan Minimal Error

responsive template
Hai sobat!

Ini posting pertama untuk blog Ganteng id ini.

Saya kenal blog belum terhitung lama, tapi juga bukan waktu yang sebentar. Tahun 2013.

Saya sering sekali gagal mengembangkan blog. Karena gagal dapat pengunjung banyak, atau karena sedang ada ide baru, maka saya hapus blog lama dan berganti blog baru lagi.

Salah satu penyebab ketidak fokusan saya pada pengembangan blog sering dibahas oleh blogger-blogger yang menurut saya sukses.

Saya lebih fokus utak-atik tampilan template daripada fokus dengan kualitas kontent saya yang bisa mengundang pengunjung untuk membaca (Kontent berkualitas)

Begitulah nasib blog-blog saya. Terpuruk dengan mengenaskan.

Nasipun sudah jadi bubur. Sekarang, bagaimana bisa jadi bubur ayam, bubur kacang ijo, atau bubur-bubur enak lainnya?

Maka dari itu, berawal dari kesalahan saya yang terfokus pada utak-atik template blog. Mengapa tidak sekalian saja membuat template blog.

Lahirlah template blog pertama yang saya beri nama Subscribe Fast Track ini.

Begitu sejarahnya. (Nggak penting ya!)

Baiklah, saya akan kupas tentang template satu ini!

1. Nama Template

Nama template adalah Subscribe Fast Track

Nggak keren ya? Saya juga ngerasanya gitu.

Inti dari namanya, saya memang sengaja menonjolkan subscribenya.

Sobat harus tahu, kalau subscribe by email (kalau nggak ngerti ya berlangganan artikel melalui blog) juga bisa jadi sumber trafik blog yang tinggi.

Jadi, jangan diremehkan.

Mengapa seseorang mau berlangganan pada suatu toko baju?

Pasti karena merasa kualitasnya bagus, pelayanannya memuaskan, dan lebih-lebih lainnya.

Dan di kemudian hari, jika dia butuh baju, maka dia akan kembali lagi ke toko baju itu tanpa mencari toko lain dulu. Iya nggak?

Konsep itu juga berlaku pada blog. Seorang pengunjung berlangganan artikel blog sobat melalui email. Artinya, dia pasti kembali karena merasa artikel blog sobat berkualitas dan sangat bermanfaat.

Ingat, artikel blog sobat berkualitas. Kalau nggak berkualitas jangan heran kalau subscribe emailnya sedikit, atau bahkan kosong melompong.

Untuk menarik pembaca agar berlangganan email pada blog sobat selain dengan artikel berkualitas. Sobat juga bisa menawarkan gratisan pada blog sobat dengan cara pembaca harus berlangganan email.

Kata gratis itu sungguh ajaib lhoh! Siapa sekarang yang nggak doyan gratisan?

Contohnya,

Dapatkan Ebook Membuat Template Blog Gratis dengan Mendaftarkan Email Sobat Di Bawah!

Demonya bisa dilihat di sini!




2. Apa Saja Layanan Subscribe Fast Track?

Sebenarnya, template satu ini sangat sederhana sekali. Fitur-fiturnya bisa dibilang minimalis. Tapi, rasanya juga tidak terlalu memalukan.

Oke, langsung saja kita bahas fitur layanannya yang saya tonjolkan. (Saya hanya membahas yang ditonjolkan saja, jika semua dibahas capek)

Pertama,

Sudah jelas subscribe emailnya yang saya tampilkan menonjol sekali di header blog.
responsive template
Mengapa harus di header blog?

Agar menjadi yang pertama dilihat oleh pengunjung.

Selain di Header blog, saya juga meletakkan form subscribe di bawah postingan. Agar pengunjung setelah merasa puas dengan artikel yang dibaca sampai tuntas bisa langsung berlangganan email.

responsive template

Kedua,

Di bawah postingan saya lengkapi related post.

Meski ada yang bilang related post ini kurang begitu bagus untuk struktur internal link karena dianggap secara acak dan tidak terstruktur.

Tapi menurut saya, related post masih memiliki pengaruh positif bagi pengunjung agar tidak langsung lari setelah membaca satu artikel. Selain dampaknya, positif pada trafik. Bounch rate blog kita juga semakin rendah. Iya nggak sih?

Ketiga,

Saya berikan tombol share dengan banyak social media yang ringan (Tidak banyak mengganggu loading blog) di bawah postingan juga.

Itu untuk memudahkan pengunjung blog yang merasa artikel sobat berkualitas agar langsung dibagikan melalui sosial media.

Dengan dibagikannya artikel sobat, pasti bakal berdampak positif pada trafik pengunjung blog sobat.

Meski yang membagikan bukan influencer, syukur-syukur pacar, teman, sahabat, keluarga, atau pedekatean yang suka stalking mau membaca apa yang dibagikan pengunjung tersebut. Iya nggak?

Keempat,

responsive template
Saya tambahkan tombol tweet dengan kutipan seperti quote (kan lagi ngtrend tuh!) agar membantu memudahkan pengunjung membagikan artikel sobat di twitter.

Kelima,

responsive template
Saya berikan tampilan about me yang berbeda dari tampilan bawaan blogger. Dilengkapi juga tombol sosial media sobat.

Sayangnya, tampilannya amat sederhana sekali. Sebenarnya masih bisa dimodifikasi lagi, sayang belum ada pencerahan harus dimodifikasi model bagaimana (Alasan saja, padahal males)


Keenam,

Sobat pasti tahu tentang font Awesome yang keren dan font-font dari Google Font yang user friendly. Alias enak dipandang.

Memang bagus sih, tapi ternyata jenis font yang bukan bawaan blogger itu bisa menyebabkan loading blog jadi lebih lambat lhoh.

Yap, karena font-font dari pihak ketiga tersebut merangkum CSS-nya dalam bentuk Link. Sehingga butuh tambahan proses untuk menampilkannya.

Dan pada template satu ini, sudah berhasil mengatasi load tambahan dari font-font pihak ketiga tersebut.

Yang artinya, font awesome dan font dari Google Font (Di sini saya pakai PT Serif) sudah tidak mengganggu Loading blog.


3. Responsive

responsive template
Oke, itu tampilan responsive template Subscribe Fast Track ini di Am I Responsive

Jika kurang percaya, sobat bisa melakukan test di media test online lainnya.

Jika terasa kurang responsive bisa disampaikan di bawah agar bisa diperbaiki.

Keuntungan dari template yang responsive sangat banyak. Seperti salah satunya tentang gembar gembor kalau google mencintai design website (salah satunya blog) yang responsive.

Ini bukan gosip belaka, kabarnya mau dilamar segala oleh si mbah.




4. Fast Load

Saya mengenal istilah pentingnya fast load untuk loading blog sudah sejak awal ngeblog. Apalagi saya yang ingin fokus pada utak atik tampilan template blog tapi tetap menginginkan pengunjung tidak kecewa saat menunggu loading blog saya.

Jujur, saya sendiri sering merasa kurang nyaman jika menunggui loading blog yang terhitung lama.

Tapi, baru bulan puasa kemarin (Tepatnya saat adzan magrib #eh, saat membuat template ini maksudnya) saya mulai fokus dengan kecepatan blog.

Dan syukur rasanya, kecepatan template blog satu ini tidak mengecewakan.

Bisa dilihat di screenshot bawah dengan menggunakan alat uji pagespeed insights, kalau kecepatan loading untuk versi mobile (ponselnya) cukup tinggi dengan skor 98/100. Sementara untuk user experiencenya sempurna dengan nilai 100/100.

responsive template
Sementara untuk kecepatan loading blog versi dekstopnya mampu sampai di skor 98/100

responsive template
Saya juga melakukan test pada GTmetrix, dengan hasil yang juga masih memuaskan.

responsive template
Pagespeed dengan skor A (97)

Yslow dengan skor B (89)

Mengapa Yslownya hanya B?

Penyebab utamanya adalah masalah leveraging cache di blogger yang belum bisa saya atasi meski sudah memakai banyak cara termasuk tetap memasang meta tag untuk cache control yang akan saya jelaskan nanti.


5.SEO

Ilmu SEO saya belum canggih. Yang saya tahu ya saya terapkan.

Sobat bisa melihat skor SEO dari Checkme berikut.

responsive template
Nilainya 100%

Meski menurut saya, nilai itu bukan mewakili kesuksesan SEO-nya template ini secara keseluruhan.

Karena kalau dilihat, itu menunjang elemen-elemen pada struktur html blog dkk saja. Seperti H1 H2, Alt image.

Kelebihan dari template ini, alt image untuk gambar header dan thumbnail no-image sudah saya perbaiki (tambahkan). Karena terkadang alt image headernya belum beres dan mengganggu SEO itu sendiri dan valid htmlnya.

Sementara untuk meta tagnya saya tambahkan Tag title dengan format

Judul Postingan | Judul Blog

Kelebihannya, sobat mungkin sudah banyak yang tahu.

Dengan format seperti itu, akan lebih memudahkan pengunjung meng-klik artikel tersebut. Karena judul artikel tentu lebih spesifik dan sesuai dengan yang dicari pengunjung melalui mesin pencari.

Saya juga menambahkan Meta Tag Description Blog (Deskripsi Blog) dan Meta Keyword (Kata Kunci) yang membantu mesin pencari mengidentifikasi blog sobat. (Katanya sih gitu)

Lalu saya tambahkan meta refresh yang fungsinya akan merefresh secara otomatis dengan waktu yang bisa diatur.

Jadi, ketika ada update terbaru pembaca blog sobat ketika sedang membaca bisa langsung mendapatkan updatennya.

Selain itu lumayan juga buat menambah pageview meski pengunjungnya sama.

Tapi, jangan buat detiknya terlalu rendah seperti 5 detik. Menurut saya itu sangat mengganggu pengunjung yang lagi asyik-asyik membaca.

Saya berikan juga Meta tag cache-control. Harapan saya bisa membantu mengatasi leveraging cache. Harapannya sih!


6. Minimal Error

template cleen minimal error
Bagaimana menurut sobat error blognya? 5 gitu masih kurang nggak?

Untuk error no 1 belum saya carikan cara mengatasinya.

Untuk error no 2, sudah saya carikan referensi untuk mengatasi tapi referensinya cukup terbatas. Dan referensi yang ada belum berhasil untuk mengatasinya.

Untuk error metanya tidak saya atasi, karena saya masih berharap metanya seperti cache-control bisa berguna. (Harapannya, meski terkadang jadi harapan kososng)

Ada juga yang menggebu-gebu meminimalkan validasi errornya.

Meski menurut saya minimalisasi error blog itu tidak terlalu penting.

Siapa sih pengunjung yang mau repot-repot ngecek validator html blog sobat? Yang dibacakan artikelnya bukan validatornya? Iya kan?


7. Penutup

Oke, segitu saja kupasan template Subscribe Fast Track yang sudah saya buat.

Jangan banyak-banyak! Nanti muntah.

Gimana? Ada saran masukan? Pasti banyak dong! Wong templatenya masih ala kadarnya gitu.

Template ini saya release lebih cepat

Dari yang tadinya 11 Agustus 2016 jadi 01 Agustus 2016

Ceilaaah... ada release datenya segala.

Yah, kali-kali saja ada yang minat buat makai template ini.

Untuk Demo bisa dilihat di sini!




Cara Downloadnya gini!
1. Klik Link Download
2. Tunggu beberapa detik (biasanya 5 detik) lalu klik Skip Ad di pojok kanan atas
3. Download Templatenya
4. Ekstrack (karena masih dalam format .Rar)
5. Instal templatenya



Template ini juga saya pakai di blog ini Prospektif.xyz


Ngomong-ngomong, kalau ada yang doyan template premium yang full services, coba baca Template Personal Track [Premium]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Situs Yang Menyediakan Guest Blogg

Ekspansi Area Guna Meningkatkan Kualitas Sosial Suatu Wilayah

Juara Putri Muslimah Indonesia 2015