Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan Wordpress untuk pemula

Hallo....selamat datang di blog Kerabat digital marketing, jika kamu sedang mencari referensi tentang bagaimana membuat blog gratis. Maka kamu sudah mendapatkan dan menemukan blog yang tepat, yang akan memandu kamu dari awal sampai akhirnya kamu dapat membuat blog dengan gratis menggunakan blogspot ataupun wordpress.

Sebelum kamu benar-benar melangkah dan memutuskan untuk mulai membuat blog, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pembuatan blog.

Hal-hal yang perlu diketahui dan di persiapkan dalam membuat blog adalah sebagai berikut:
  • Tentukan tujuan kamu membuat blog(apakah untuk catatan pribadi, untuk berbagi tantang pelajaran sekolah, tentang resep makanan, tentang gadget, serta masih banyak lagi yang lalinya, tentukan ini sesuai dengan apa yang menjadi kebiasaan kamu ).
  • Menentukan Judul untuk Blog yang akan kamu buat(Judul blog ini seharusnya akan menjadi topik blog kamu sepanjang massa). Maksudnya setelah blog jadi, setiap pebuatan posting atau artikel harus ada kaitanya dengan judul blog ini.
  • Menentukan kategory untuk blog kamu.
  • Memiliki atau membuat akun email untuk pendaftaran blog.
  • Memiliki hoby menulis dan online(menulis dalam hal ini berarti mengetik ya....).
Jika kamu telah mempersiapkan hal-hal diatas, maka kamu telah siap untuk pembuatan sebuah blog. Kita akan buat dulu daftarnya, supaya kamu dapat mengikuti dengan benar.

Langkah-langkah Pembuatan Blog:

  1. Membuat sebuah akun email(dengan akun email ini kamu bukan hanya bisa membuat blog, tapi juga bisa untuk medaftar media sosial lain. Misal: facebook, twitter, Linkedin, serta masih banyak lagi).
  2. Mendaftar ke blogger atau wordpress untuk membuat blog.
  3. Menentukan tema blog.
  4. Menentukan Judul Blog.
  5. Menentukan deskripsi blog..
  6. Menentukan URL blog(buatlah agar memiliki kesamaan dengan judul blog).
  7. Pengaturan lainya dapat dilakukan setelah dirasa perlu.
Sekarang akan kita mulai langkah demi langkah:
  1. Membuat akun email: Untuk membuat sebuah akun email silahkan mendaftar ke mail.google.com lalu klik create an account(bukalah notepad untuk menyalin email dan password yang kamu buat). Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai, tidak perlu saya jelaskan secara rinci saya yakin kamu bisa. Kan anak pinter......heheheh #canda.
  2. Untuk kali ini kita akan buat blog di google dulu atau menggunakan blogspot, pada tutorial selanjutnya akan kita buata blog di wordpress. Bukalah sebuah tab baru, atau silahkan klik https://www.blogger.com, untuk kemudian membuat blog baru. Kemudian silahkan klik CREATE YOUR BLOG. Selanjutnya Buatlah Judul blog yang sebelumnya sudah saya tulis diatas, ikuti dengan menentukan URL atau ALAMAT, lalu pilih template yang kamu inginkan. Pasti tau selanjutnya kan...? Klik "BUAT BLOG!"
  3. Sebagai awal dari blogging kamu, saya sarankan untuk langsung buat posting dulu sesuai dengan judul blog kamu tentukan juga judul posting kamu. Buatalah post yang berguna bagi orang lain, sehingga orang yang menemukan blog kamu akan mendapatkan manfaat.
  4. Pada saat membuat sebuah posting, di sisi kanan terdapat bilah menu berikut:
Baca Juga Tentang Cara Membuat Website
  • Label(isi terkait dengan judul posting), 
  • Di publikasikan pada(biarkan otomatis), 
  • Tautan permanen(biarkan otomatis), 
  • Deskripsi penelusuran(isi dengan inti dari posting yang kamu buat), 
  • Pillihan(biarkan apa adanya).
Jika pembuatan posting sudah selesai, klik PUBLIKASIKAN, sekarang kunjungi blog kamu dengan klik LIHAT BLOG yang terdapat disisi kiri atas di bawah judul blog kamu.
Sekarang kamu sudah memiliki sebuah blog di blogspot,  pada tutorial selanjutnya kita akan buat tutorial pembuatan blog di wordress.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Situs Yang Menyediakan Guest Blogg

Ekspansi Area Guna Meningkatkan Kualitas Sosial Suatu Wilayah

Juara Putri Muslimah Indonesia 2015